Friday, August 16, 2013

Guten Tag!

2013... yups... sudah tahun 2013, dan itu pun sudah memasuki bulan kedelapan, hari keenam belas. Beberapa tahun sudah lewat dari saat terakhir saya menulis di blog ini. Apa yang berubah?

Pastinya saya sudah menjadi individu yang berbeda. Berbeda dalam arti berkembang. Akhir tahun 2011 sampai akhir 2012 adalah masa yang penting dalam perkembangan saya sebagai individu. Selama periode 1 tahun tersebut, saya berada di negeri orang, tepatnya di Jerman, dalam rangka mengikuti International Leadership Training (ILT) Hospital Management, atas beasiswa dari GIZ Jerman. Kesempatan yang langka, dan sangat bermakna terutama dalam pengembangan pengetahuan dan kompetensi tentang perumahsakitan. Lebih bersyukur lagi, karena ternyata saya menjadi peserta ILT angkatan terakhir (angkatan V). Padahal, waktu awal-awal akan mendaftar program ini, sempat terbersit keraguan, dan ingin menunda di tahun berikutnya, mengingat persiapan yang sangat singkat waktunya. Untung saja, waktu itu saya nekad mengambil keputusan untuk tetap mengirim aplikasi dan mengikuti proses seleksi.

Dampak dari keikutsertaan dalam ILT dan tinggal di Jerman selama setahun, tentunya adalah penambahan dalam kemampuan bahasa. Belajar bahasa asing, adalah minat saya dari dulu, sampai-sampai pada waktu SMA saya pernah ikut kursus bahasa Prancis. Selain itu, saya juga suka membli buku-buku pelajaran bahasa asing, mulai dari bahasa Prancis, Spanyol, Jepang, Belanda, dan juga Jerman. Beruntung, melalui program ILT tersebut, saya di'paksa' untuk belajar bahasa Jerman, karena program tersebut memang 100% berbahasa Jerman. Walaupun dulu bahasa Prancis yang menjadi bahasa favorit saya, tapi belajar bahasa Jerman pun ternyata menyenangkan, apalagi kalau kita tahu bahwa bahasa tersebut akan kita pakai sehari-harinya nanti. Walau belum terkategori fasih, namun sekarang saya sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Jerman. Secara formal, saya hanya 5,5 bulan belajar bahasa Jerman, tapi dengan program yang super-super intensif. Selama 1,5 bulan sebelum berangkat ke Jerman, saya belajar bahasa di Goethe Institut Jakarta. Kemudian 2 bulan pertama di Jerman (Desember 2011 - Januari 2012) saya belajar bahasa di Carl Duisberg Centren (CDC) Saarbrücken, dan 2 bulan berikutnya (Februari - Maret 2012) di CDC Mannheim. Tetapi masa belajar yang sesungguhnya adalah ketika bahasa itu dipakai dalam pergaulan sehari-hari, baik itu dalam kelas, maupun dalam kehidupan sosial di Jerman.

Mudah-mudahan nanti beberapa entri dalam blog ini bisa saya tulis dalam bahasa Jerman juga. Atau mungkin nama blog ini, yang sekarang berbahasa Prancis, akan berubah menjadi bahasa Jerman.

Jadi, entri-entri baru di masa depan, mungkin akan berisi beberapa pengalaman menarik yang saya alami selama di Jerman. Mudah-mudahan belum lupa. Begitu banyak pengalaman hidup yang menarik. Sedikit demi sedikit akan saya dokumentasikan dalam blog ini.

Mudah-mudahan, penyakit malas menulis tidak kumat lagi.

Schönen Tag, noch!

No comments: